IDMEDIA.ID, MAKASSAR – Stres kerja dapat dialami oleh siapa saja. Orang yang terkena stres kerja bisa karena berbagai faktor. Misalnya saja ada yang diterjang masalah yang bertubi-tubi tapi tidak siap untuk menghadapinya, ada pula karena merasa bosan dengan rutinitas yang dilakukan setiap hari, hingga merasa kurang nyaman dengan lingkungan kerjanya.
Hal tersebut bisa berpotensi menyebabkan stres yang tentunya bisa berpengaruh pada kesehatan fisik maupun mental. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa menghindarkan kamu dari stres kerja. Yuk, jangan abaikan!
1. Menyempatkan untuk istirahat sejenak
Kamu harus selalu bisa menyempatkan diri untuk istirahat saat kamu sedang bekerja. Kemungkinan untuk bisa fokus pada layar komputer biasanya adalah 45 menit tanpa henti. Oleh karena itu, setelahnya kamu bisa mencoba untuk istirahat selama 15 menit.
Selama waktu istirahat inilah kamu dapat melakukan beragam hal yang bisa membuat kamu senang dan membuat kamu kembali rileks. Misalnya saja makan camilan atau berjalan-jalan sebentar. Cara tersebut akan lebih efektif daripada kamu berusaha fokus selama berjam-jam di depan komputer, yang malahan akan membuat kamu kesulitan untuk fokus dan mudah terserang stres kerja.
2. Mengerjakan satu hal saja dalam satu waktu
Tips berikutnya untuk terhindar dari stres kerja adalah dengan fokus pada satu hal saja dalam satu waktu. Beberapa orang mungkin memiliki kemampuan untuk menjadi multi-tasking dan menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus.
Namun, sesungguhnya lebih banyak pekerjaan yang diselesaikan dalam satu waktu malahan akan membuat kamu sulit fokus dan merasa tertekan. Apabila kamu telah merasakan stres kerja, pastinya pekerjaan yang tadinya kamu anggap akan cepat selesai justru akan semakin menghabiskan banyak waktu untuk dituntaskan.
3. Membuat workspace lebih nyaman dan membuat kamu fokus
Tips berikutnya adalah dengan membuat workspace kamu terasa lebih nyaman. Kamu dapat menata ulang tempat kerja kamu dengan suasana yang berbeda. Suasana yang nyaman ini bertujuan agar kamu lebih fokus dan juga tidak gampang terdistraksi.
Di samping itu, kamu perlu menjauhkan ponsel dari pandanganmu, terlebih bila kamu tidak memerlukannya saat bekerja. Selain itu, usahakan juga untuk fokus memakai komputer untuk pekerjaan. Bila kamu tidak fokus, kamu akan banyak menghabiskan waktu yang pada akhirnya menjadikan kamu stres kerja karena harus menuntaskan pekerjaan di akhir waktu.
4. Mempunyai work-life balance
Work-life balance merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap pekerja. Hal ini mempunyai manfaat untuk menghindarkanmu dari stres kerja. Kamu harus bisa tegas menentukan jam berapa kamu harus mulai bekerja dan kapan kamu wajib mengakhirinya.
Selain itu, kamu juga perlu untuk tidur dan isirahat yang cukup agar kamu selalu berenergi. Kamu juga bisa meluangkan waktu kamu untuk melakukan olahraga supaya tubuh kamu tetap bugar.
5. Menenangkan diri di akhir pekan
Apabila stres kerja sudah sangat membuat kamu terganggu, maka cobalah menggunakan akhir pekan untuk menenangkan diri. Kamu harus bisa menjauhkan diri dari dunia luar dan menghabiskan hari liburmu untuk membuat pikiran kamu menjadi fresh.
Kamu sebaiknya tidak terima panggilan apa pun kecuali memang darurat. Selain itu, kamu bisa menggunakan waktu untuk menonton film, membaca buku, ataupun mengurus tanaman di rumah. Terkadang saat terserang stres kerja, kita hanya memerlukan sedikit waktu untuk menyegarkan pikiran dan jiwa kita supaya bisa kembali pulih dan dapat memiliki pikiran lebih jernih keesokan harinya.
Stres kerja dapat menyerang siapa pun dan kapanpun. Oleh karena itu, kamu harus bisa menghilangkannya dengan cara melakukan berbagai kegiatan di atas. Selamat mencoba!